WhatsAP: 082247117739| E-mail : linggawisatalombok@gmail.com

FIELD TRIP WARTAWAN RIAU

Infrastruktur dan Promosi Kunci Sukses Pariwisata di Pulau Lombok

Jumat, 13/12/2013 – 10:40:06 WIB

Suasana pertemuan peserta fieldtrip wartawan Riau dengan Pemda NTB dikantor Gubernur NTB.

TERKAIT:

·  Lagi, Tersangka Korupsi Bola Wisata Tak Penuhi Panggilan Jaksa

·  Wisatawan Meningkat, Jalan harus Diperbaiki

·  Herliyan: Pemkab Siapkan Infrastruktur dan SDM Handal

LOMBOK – Indonesia dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terkemuka di Dunia. Beragam objek wisata baik wisata alam, budaya dan seni dibumi nusantara siap memuaskan para wisatawan yang datang. Salah satunya ada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam ‘ekor’ di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km�, menempatkannya pada  dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Ya, NTB memang dikenal sebagai salah satu Provinsi di Timur Indonesia yang memang memiliki banyak keunggulan dalam bidang kepariwisataan.  Sama dengan Bali yang telah mendunia, NTB kian tersohor dengan wisata andalan di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Dengan jargon VLS (Visit Lombok Sumbawa), Pemerintah NTB ternyata sangat serius mendorong penuh peningkatan infrastruktur penunjang dunia kepariwisataannya. Negeri yang dianugerahi alam yang menawan ini bahkan berhasil mendatangkan 1 juta wisatawan selama 2013.

Setidaknya, terdapat 99 objek wisata yang patut dikunjungi para turis lokal ataupun asing yang berkunjung ke negeri gora ini. Setiap pengunjung yang datang, tentu akan terkagum-kagum, betapa indahnya negeri yang berpenduduk mayoritas muslim itu.

Setidaknya begitulah gambaran singkat yang terungkap dalam pertemuan yang digelar Asisten II Setdaprov NTB, Drs. Lalu Gita Aryadi MSI, saat menerima kunjungan peserta field trip wartawan dari Riau, Pemprov Riau termasuk halloriau.com.

Pria yang akrab disapa Gita itu juga menjelaskan, keberhasilan NTB dalam menggarap potensi wisatanya, tidak terlepas dari dukungan masyarakat setempat yang menyokong penuh program yang dicanangkan Pemerintah.

Sehingga tidak heran, saat ini ‘proyek’ wisata NTB mulai menggeliat dan bersaing dengan Bali yang selama ini memang sangat menonjol di dunia. Tetapi, dengan keseriusan Pemprov NTB dan dukungan masyarakat, mereka yakin sektor wisata NTB khususnya di Lombok dan Sumbawa akan mendunia, sama seperti Bali yang sudah lebih dulu dikenal dunia.

Saat ini saja kata Gita, NTB terus menggesa peningkatan pembangunan infrastruktur penunjang kepariwisataannya. Karena Pemda NTB menyadari betapa pentingnya sektor wisata ini, dalam mendongkrak perekonomian masyarakatnya.

Mulai dari pembangunan gerbang utama yakni Bandara Internasional Lombok (BIL) yang berbanding lurus dengan Visit Lombok Sumbawa 2014 mendatang. Tidak hanya itu, Pemprov NTB juga getol mempromosikan keunggulan wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa.

“Kami optimis karena selama ini tiap tahun wisatawan yang datang ke NTB naik sekitar 10 persen dan diperkirakan akan naik 15 persen ,” kata Gita

Untuk menarik para wisatawan, NTB menawarkan berbagai bentuk wisata seperti Wisata kultural, budaya, spritual, dan wisata kurban yang sangat jarang ditemui di tempat lain. “Kami memiliki banyak alam yang indah, desa adat yang masih alami, dan masjid yang indah-indah. Itulah mengapa NTB kerap disebut pulau seribu masjid,” paparnya.

Hal lain yang dilakukan Pemda NTB, kata Gita, pihaknya telah menyurati hampir seluruh menteri dan pejabat di Indonesia untuk mempromosikan Lombok-Sumbawa sebagai tempat wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). “Selama ini tempat yang kerap dipakai untuk pertemuan hanya Jakarta, Surabaya, Bandung atau Bali, kenapa tidak di Lombok atau Sumbawa?” tuturnya.

Untuk mendukung pariwisatanya, saat ini sudah tersedia 2.000 kamar hotel berbintang dan 4.800 kamar hotel non-berbintang. “Kami juga sedang mempersiapkan pembangunan Convention Hall, selain bandara internasional yang pada akhir tahun ini akan selesai pembangunannya. Dan akan banyak pembangunan lain yang akan menyusul,” katanya.

Apa yang dilakukan Pemda dan Masyarakat NTB ini layak kita apresiasi. Bila perlu, apa yang telah mereka lakukan ini bisa diserap dan diaplikasikan di bumi tercinta kita ini, Provinsi Riau. Apalagi, Riau juga memiliki beberapa potensi wisata alam khususnya diwilayah pesisir yang tak kalah menarik, dan bisa digarap semaksimal mungkin demi kemaslahatan masyarakatnya.(debsy/MRnetwork)

Berikut Lima Objek Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Lombok:

1. Danau Segara Anak

Mungkin bagi anda yang belum pernah kesana menilai Pulau Lombok identik dengan wisata pantainya, namun selain pantai Pulau Lombok juga memiliki tempat-tempat wisata lain selain pantai, contohnya seperti Danau Segara Anak ini.

2. Tiga Gili

Sebenarnya tidak hanya 3 gili (pulau kecil) ini saja yang terdapat di Pulau Lombok, masih banyak gili-gili lain yang mengitari Pulau Lombok, namun memang 3 Gili inilah yang namanya meroket hingga mancanegara. 3 Gili ini hampir tiap harinya tidak pernah sepi wisatawan, baik mancanegara, maupun domestik.

3 Gili ini terkenal dengan sebutan ‘3NP, no pollution, no police, no policy’ (LOL). Di Gili ini kendaraan bermotor dilarang masuk demi menjaga kelestarian udara di sekitar pulau agar tetap fresh.Kendaraan yang tersedia antara lain seperti sepeda, cidomo (kereta kuda), dan sepatu/sendal (jalan kaki maksudnya). Akses ke Pulau ini, kira2 15 menit dari Pantai Senggigi, kemudian menggunakan perahu dari bangsal menuju Gili, dengan biaya Rp 10.000.

3. Pantai Kuta

Pantai Kuta, adalah pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini.

Ini adalah upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.

4. Pantai Surga

“Surga Dunia” adalah kata yang menurut ane paling cocok untuk nih pantai. Pantai Surga berada di wilayah Lombok Timur bagian selatan tepatnya Jerowaru, sekitar 50km dari kota Selong. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan pantainya yang bersih dan berpasir putih, maka tidak heran pantai ini dinamakan pantai surga. Bagi yang menyukai olahraga Surfing pantai ini adalah salah satu pilihannya. Selain pantai surga masih ada sejumlah pantai di Wilayah selatan yang sangat indah, seperti pantai heaven on planet, pantai kaliantan, cemara, Teluk Ekas dengan daya tarik budidaya perikanan lautnya, disebut sebagai kawasan Gili indah.

5. Pantai Cemara

Pantai Cemara terletak di Lombok Timur, letaknya di antara Pantai Surga dan Tanjung Ringgit. Banyak dari orang-orang Lombok kebanyakan masih belum mengenal tempat ini, mungkin karena tempatnya yang cukup terpencil dan akses menuju tempat ini lumayan sulit menjadi alasan banyak orang-orang Lombok sendiri tidak mengetahuinya, apalagi dari luar Pulau Lombok.

– See more at: http://www.halloriau.com/read-budaya-41404-2013-12-13-infrastruktur-dan-promosi-kunci-sukses-pariwisata-di-pulau-lombok.html#sthash.cweQvUrJ.dpuf